Pengembangan Dimensi Hakikat Manusia
Meskipun pendidikan pada dasarnya baik normatif tapi dalam pelaksanaan bisa saja kemungkinan kesalahan melenceng dari tujuan utama. Keutuhan pengembangan dimensi hakikat manusia dapat diarahkan kepada pengembangan dimensi keindividualan kesosialan kesusilaan dan keberagaman secara terpadu.
Hakikat Manusia dan Pengembangannya.
Pengembangan dimensi hakikat manusia. Pengertian dan Unsur-unsur Pendidikan. Manusia sebagai makhluk susila bermoral. Keutuhan pengembangan di mensi hakikat manusia dapat di arahkan kepada pengembangan dimensi keindividualankesosialankesusilaan dan keberagamaan secara terpadu.
Pengembangan yang tidak utuh terhadap dimensi hakikat manusia akan terjadi di dalam proses pengembangan jika ada unsur dimensi hakikat manusia yang terabaikan untuk ditangani misalnya dimensi kesosialan didominasi oleh pengembangan dimensi keindividualan ataupun dominan afektif didominasi oleh pengembangan dominan kognitif. Dimensi keindividualan individualitas 2. Pengembangan yang tidak utuh Pengembangan yang tidak utuh terhadap dimensi hakikat manusia akan terjadi di dalam proses pengembangan jika ada unsur dimensi hakikat manusia yang terabaikan untuk ditangani misalnya dimensi kesosialan didominasi oleh pengembangan domain kognitif.
Dapat disimpulkan bahwa pengembangan dimensi hakikat manusia yang utuh diartikan sebagai pembinaan terpadu terhadap dimensi hakikat manusia sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara selaras. Pengembangan Dimensi Hakikat Manusia a. Manusia sebagai makhluk individu.
Pengembangan Dimensi Hakikat Manusia Manusia lahir telah dikaruniai dimensi hakikat manusia tetapi masih dalam wujud potensi belum teraktualisasi dalam wujud kenyataan atau aktualisasi diri. Meskipun pendidikan itu pada dasarnya baik tetapi dalam pelaksanaanya mungkin saja bisa terjadi kesalahan-kesalahannya yang lazimnya di sebut salah didik. Keempat dimensi tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
Pengembangan domain kognitifafektif dan psikomotor di samping keselarasannya juga perlu di perhatikan arahnyaYang di maksud adalah arah pengembangan diri dari jenjang rendah kejenjang yang lebih tinggi. Usaha pengembangan hakekat manusia dalam dimensi keindividuan kesosialan kesusilaan keberagamaan berangkat dari anggapan dasar bahwa manusia secara potensial memiliki semua dimensi tersebut yang memungkinkan dan harus dapat dikembangkan secara bertahap terarah dan terpadu melalui pendidikan sehingga. Meskipun pendidikan itu pada dasarnya baik tetapi dalam pelaksanaanya mungkin bisa terjadi kesalahan-kesalahannya yang lazimnya di sebut salah didik.
Keutuhan pengembangan dimensi hakikat manusia dapat diarahkan kepada pengembangan dimensi keindividualan kesosialan kesusilaan dan keberagaman secara terpadu. Pengembangan yang tidak utuh terhadap dimensi hakikat manusia akan terjadi di dalam propses pengembangan jika ada unsur dimensi hakikat manusia yang tetrabaikan untuk ditangani misalnya dimensi kesosialan di dominasi oleh pengembangan dimensi keindividualan ataupun dominan efektif di dominasi oleh pengembangan dimensi individyualan ataupun dominan efektif dominansi oleh pengembangan dominan. 23 Pengembangan Dimensi-dimensi Manusia Pendidikan adalah upaya sadar untuk mengaktualisasikan potensi dimensi-dimensi secara total dan maksimal.
Sosok manusia Indonesia seutuhnya. Pengembangan yang utuh Tingkat keutuhan perkembangan dimensi hakikat manusia ditentukan oleh dua faktor yaitu kualitas dimensi hakikat manusia itu sendiri secara potensial dan kualitas pendidikan yang disediakan untuk memberikan pelayanan atas perkembangannya. Manusia sebagai makhluk religius.
Pengembangan Dimensi Hakekat Manusia. Sasaran pendidikan adalah manusia sehingga dengan sendirinya pengembangan dimensi hakikat manusia menjadi tugas pendidikan. HAKIKAT MANUSIA DILIHAT DARI DIMENSI 1.
Dimensi-dimensi hakikat manusia serta potensi keunikandan dinamikanya. Kemampuan bertanggung jawab Resume berbeda. Dari kondisi potensi menjadi wujud aktualisasi terdapat rentangan proses yang mengundang pendidikan yang berperan dalam upaya membantu anak untuk mewujudkan potensi yang dimiliknya tersebut.
Pengembangan yang utuh Pengembangan dimensi hakikat manusia ditentukan oleh dua faktor yaitu kualitas dimensi hakikat manusia itu sendiri secara potensial dan kualitas pendidikan yang disediakan untuk memberikan pelayanan atas perkembangannya. Pengembangan dimensi hakikat manusia. Manusia sebagai makhluk sosial.
Pengembangan yang tidak utuh terhadap dimensi hakikat manusia akan terjadi di dalam proses pengembangan jika ada unsur dimensi hakikat manusia yang terabaikan untuk ditangani misalnya dimensi kesosialan didominasi oleh pengembangan dimensi keindividualan ataupun dimensi afektif didominasi oleh pengembangan dimensi kognitif. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan dimensi hakikat manusia yang utuh diartikan sebagai pembinaan terpadu terhadap dimensi hakikat manusia sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara selaras. DIMENSI-DIMENSI HAKEKAT MANUSIA Keindividualan pribadi yang berbeda dari yang lain Kesosialan ketergantungankebutuhan pada orang lain Kesusilaan menyangkut etika dan etiket Keberagaman keyakinan ada kekutan yang mengendalikan seluruh aspek kehidupan di luar kemampuan makhlup hidup di dunia Intelektualmengembangkan wawasan dan iptek terampil.
Usaha pengembangan hakikat manusia dalam dimensi individual sosial susila dan agama berangkat dari adanya anggapan dasar jika manusia memang secara potensial mempunyai semua dimensi itu yang memungkinkan dan harus bisa dikembangkan secara bertahap terarah dan terpadu dengan melalui adanya suatu pendidikan sehingga bisa menjadi aktual. Pengembangan dimensi hakikat manusia ditentukan oleh dua faktor yaitu kualitas dimensi hakikat manusia itu sendiri secara potensial dan kualitas pendidikan yang disediakan untuk memberikan pelayanan atas perkembangannya. Pengembangan Dimensi Hakikat Manusia Sasaran pendidikan adalah manusia sehingga dengan sendirinya oengembangan dimensi hakikat manusia menjadi tugas pendidikan.
Pengembangan Dimensi Hakikat Manusia. Dimensi kesosialan sosialitas 3. Arah pengembangan Keutuhan pengembangan dimensi hakikat manusia dapat diarahkan kepada pengembangan dimensi keindividualan kesosialan kesusilaan dan keberagamaan secara terpadud.
Pengembangan aspek jasmani dan rohani dikatan utuh jika keduanya mendapat pelayanan secara seimbang.
Hakikat Manusia Dan Pengembangannya
Ppt Hakekat Manusia Powerpoint Presentation Free Download Id 5616419
Ppt Bab I Hakikat Manusia Dan Pengembangannya Powerpoint Presentation Id 2272706
Pengantar Ilmu Pendidikan Ppt Download
4 Dimensi Hakikat Manusia Dan Pengembangannya Habibullah Al Faruq
Dimensi Dimensi Hakikat Manusia Serta Potensi Keunikan Dan Dinamikanya Blog Barabai
Hakikat Manusia Dan Perkembangannya Ppt Download
Hakikat Manusia Dan Pengembangannya Kelompok 1
Posting Komentar untuk "Pengembangan Dimensi Hakikat Manusia"